Jangan SESALI resepsi pernikahanmu...



What a weird post title yah…. Tapi itu kenyataan loh..1:5 dari pasangan yang sudah menikah mengatakan bahwa mereka menyesal telah mengadakan pesta pernikahan besar-besaran dan andai saja bisa diulang, mereka lebih memilih untuk mengadakan pesta pernikahannya secara sederhana, dan ngga perlu besar-besaran. Ada banyak alasan yang menjadi penyebab mereka menyesal baik rahasia ataupun ngga yang menurut saya ga penting untuk dibahas..hihihi (kepo yah?) . The point is, they just kind of regret it.... Kenapa harus ada penyesalan seperti itu? Baca artikel ini sampe abis dan pikirkan baik-baik.. hohoho. 

Memang banyak yang berpikiran bahwa pesta pernikahan itu diadakan hanya sekali seumur hidup (walau ada juga yang berkali-kali...) , jadi sebisa mungkin dilaksanakan semeriah mungkin agar menjadi momen bahagia yang tak terlupakan...wow wow wow.. unforgettable doesn"t mean it has to be EXPENSIVE kan?? Ada banyak momen bahagia dalam hidup kita yang tidak terlupakan dan semuanya itu ngga selalu dalam keadaan yang "mewah" kan? Contoh: Waktu pacar kamu menyatakan cinta petama kali (bahasa kerennya "nembak") di sekolah, atau pinggir jalan atau di kampus, atau dimana aja deh...itu juga merupakan momen bahagia yang tak terlupakan kan??  Yang membuat momen tersebut menjadi momen yang tak terlupakan adalah 1 kata saja "BAHAGIA" that's it, jadi kalau kamu yakin sudah memilih pasangan yang tepat dan memastikan bahwa hari itu akan menjadi hari yang paling membahagiakan dalam hidup kamu, maka untuk apa bermewah-mewah? Karena pada intinya hari pernikahan kamu itu seharusnya adalah hari yang paling membahagiakan dan akan lebih baik lagi kalau bahagia kamu itu berkepanjangan, dalam arti setelah menikah pun kamu ngga akan menyesal karena telah membuat pesta pernikahan yang terbilang "sederhana". Lagipula kategori sederhana atau mewah itu kan hanya didasarkan pada penilaian orang saja, ya ngga? Mungkin saat kita datang ke pesta pernikahan anak pejabat yang total wedding budgetnya 1M, kita akan segera mengkategorikannya sebagai pesta yang mewah, tapi bagaimana kalau yang menilai pesta itu adalah anak pejabat lainnya yang memiliki pangkat lebih tinggi dan mampu membuat pesta pernikahan seharga 2M? Tentu saja pesta tersebut tidak termasuk "mewah" buat dia. Sebaliknya, apabila seorang kalangan menengah kebawah (sebut saja misalnya anak yatim piatu) yang jarang pergi ke pesta pernikahan atau bahkan ga pernah, lalu hadir di sebuah pesta pernikahan yang biayanya 50 juta, buat mereka pasti pesta tersebut bisa dibilang mewah. Got it now? Jadi intinya, pesta mewah atau sederhana itu relatif pengertiannya, tergantung dari siapa yang menilai...Padahal, intinya adalah yang penting hari itu kita BAHAGIA dan momen bahagia itu akan jadi momen yang tak terlupakan buat sang calon penganten nantinya. 

Ignore what people say... . Bukan tamu yang penting hari itu buat kamu, tapi kamu. Karena berdasarkan FAKTA yang akurat, pesta pernikahan kamu itu akan tetap jadi omongan buat tamu-tamu yang datang, maksudnya pasti akan adaaaaa aja yang comment negative terhadap pesta kamu , dan itu adalah hal yang sangat wajar (karena mereka punya mulut, hihihi). Saya ngga sekedar berspsekulasi loh, saya ulang deh, itu FAKTA..hehehe. Karena pada dasarnya manusia pasti punya sifat iri atau sirik or whatever it called. Dan untuk hal tersebut, saya rasa semua sepakat agar masalah seperti itu cukup di IGNORE saja yah... Toh pada kenyataannya mereka tetap hadir dan memberi ucapan selamat untukmu dan pasangan. Apapun yang mereka lakukan atau katakan di belakangmu, sekali lagi cukup di IGNORE.  Apa gunanya kalau setelah kita menikah dengan cara yang "MEWAH" (pake tanda kutip) tapi setelah itu kita bingung mengatur keuangan karena tabungan sudah habis-habisan untuk membiayai pesta pernikahan. Itu kalau punya tabungan...kalo ngutang? 

Terus apa sih tips agar kita dapat membuat pesta pernikahan yang murmer A.K.A Murah Meriah tapi berkesan dan tidak terlupakan untuk kita?

1. Pertama adalah tentukan dulu tanggal pernikahanmu. Ini hal yang terpenting karena buat kalian yang menikah dengan biaya sendiri ataupun membiayai pernikahan dengan uang tabungan kalian yang dikhususkan untuk pernikahan (ada kebanggaan tersendiri untuk itu loh..), berarti tanggal tersebut dapat dijadikan patokan atau bahasa kerennya deadline. Biasanya sebulan atau 2 minggu sebelum hari H semua biaya harus sudah lunas. Selama kalian menetapkan tanggal, sampai waktunya tiba, periode tersebut merupakan waktu kalian berdua untuk menabung sebanyak-banyaknya. Hal ini juga bagus dijadikan ajang pembelajaran untuk kalian berdua dalam mengatur keuangan, sehingga pada saatnya nanti kalian berumah tangga, sudah ngga kaget lagi. 

2. Hal kedua dan ngga kalah penting adalah; Tentukan konsep dan budgetnya dan tetaplah pada kesepakatan. Artinya tetap pada kesepakatan adalah, apabila kalian sudah menetukan budget, maka sebisa mungkin jangan merubahnya lagi, sehingga lebih mudah bagi kalian untuk menabung karena budget dan deadline sudah ditentukan. Kalaupun budget tersebut harus berubah karena tidak ada pilihan lain, usahakan perubahan tersebut tidak terlalu jauh dan masih terjangkau oleh kalian sebagai calon pengantin.

3. Yang ketiga adalah coba sebisa mungkin untuk mendapatkan vendor-vendor wedding ataupun alternatif yang dapat masuk dan sesuai dengan budget yang sudah kalian tentukan. Memang agak susah dalam tahap pencarian vendor, apalagi kalau kita sama sekali tidak punya pengetahuan seputar vendor wedding yang bagus dan sesuai dengan budget kita. Nah...untuk masalah ini, tau kan solusinya...hubungi JWO disini hahaha

4. Yang terakhir dan terpenting adalah, tetap tanamkan dalam pikiran kamu bahwa momen bahagia yang tak terlupakan itu tidak harus MAHAL. Dalam persiapan akan ada banyak hal atau pihak yang secara persuasif mendorong kamu untuk mengambil paket dengan harga yang melambung tinggi dan itu wajar karena itu bagian pekerjaan mereka. Tapi, selama kamu tetap pada pendirian dan ngga usah "neko-neko" bahasa kerennya hehehe..maka 3 tips diatas terpenuhi dan pernikahan impianmu tetap terlaksana dan ngga pake "penyesalan"di kemudian hari.

Unforgettable doesn't have to be expensive... 



No comments:

Post a Comment