Memilih warna tema wedding yang sesuai kepribadian? Why not?

Maya memilih warna ungu untuk tema weddingnya, tiba2 si Meichan nyamber..."iiicchh ungu kan warna janda, ntar lsg jadi janda looohh..." . Kalo Mulan milih warna hitam buat tema weddingnya, sekonyong2 Jupe lsg ngomong "buseett loe mao kawinan apa acara pemakaman..." . Lain lagi sama Meli yang pengen pake warna kuning buat tema weddingnya, eehh Lisa langsung comment "ya elah Meell...kuning2 kaya apaan tuh yg ngambang.."(hahaha, yang terakhir parah..).Dan masih banyak warna2 lain yang diartikan secara spontan sama orang2.

Dalam dunia psikologi warna itu memiliki arti masing-masing loh..bahkan ada ilmu yang khusus mempelajari warna namanya Colour Psychology. Bahkan ada tipe pengobatan atau terapi menggunakan warnadalam bentuk alat, visualisasi dan komunikasi verbal yang dipecaya dapat menyeimbangkan energi didaerah tubuh tertentu yang kurang baik secara fisik, emosional, spiritual dan mental. Warna bahkan dapat berpengaruh kepada psikologi si pemakai atau yang melihat. Ada 4 warna utama dalam psikologi yaitu Merah, Biru, Kuning dan Hijau. Mau tau penjelasan dari masing-masing warna tersebut? Check this out...


Merah
Merah adalah warna yang kuat. Masih banyak sebenarnya warna yang lebih mencolok kalau secara teknis, tapi dia memiliki sifat yang kuat untuk dapat menarik perhatian. Makanya biasanya orang pake baju merah itu cepet banget dicarinya karena mampu mencuri perhatian. Sangat berpengaruh dalam hal fisik, meningkatkan denyut nadi, detak jantung dan adrenalin (lewat penelitian lohh..). Diartikan sebagai warna agresif baik itu menggambarkan Cinta yang menggairahkan hingga kekerasan dalam perang (darah). Itulah sebabnya kamu pasti selalu deg-degan setiap buka blog JWO kaaannn?? (jiaahhh....hahahaha).
Sifat positif: Berani, kuat, hangat, agresif, gembira, stimulasi, maskulin, fighter.
Sifat Negatif: Posesif, temperamen, pendendam.

Biru
Biru pada dasarnya adalah warna yang menenangkan. Dapat mempengaruhi kita secara mental. Biru yang kuat dapat merangsang pikiran jadi jernih dan ringan, biru yang lembut menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi. biru memiliki arti stabil seperti warna langit. Walaupun kalau mendung berubah jadi abu-abu, tapi semua orang kalo ditanya warna langit pasti jawabnya biru..(titik). Biru adalah warna favorit dunia loh menurut survey.
Sifat positif : Cerdas, kepercayaan, efisiensi, ketenangan, kesejukan, kedewasaan, humoris, kreatif.
Sifat negatif: Cuek, dingin, tertutup, sombong.

Kuning
Kuning adalah warna terkuat dalam psikologi. Warna kuning yang tepat mampu membangun jiwa dan harga diri seseorang. Kuning selalu dilambangkan sebagai warna optimisme dan kepercayaan diri. Tapi, ada juga nada dalam warna kuning yang sifatnya menurunkan kepercayaan diri, bahkan menimbulkan kecemasan. Kuning juga dapat meningkatkan konsentrasi, itu sebabnya warna ini banyak ditemukan menjadi kertas concorde atau post it (dalam dunia kerja). Kuning juga merupakan warna yang melambangkan persahabatan.
Sifat positif: Optimis, percaya diri, ramah, kreatif, kekuatan emosional.
Sifat negatif: irasional, penakut, rapuh, cemas.

Hijau
Hijau adalah warna yang sifatnya menenangkan. Ia merupakan warna keseimbangan. Hijau melambangkan alam, kehidupan dan kesuburan. Pada abad ke 15, gaun pengantin yang populer dipakai adalah warna hijau. Juga dilambangkan sebagai warna yang menyembuhkan fisik. Sehingga banyak kita temukan dalam dunia pengobatan.
Sifat positif: Harmonis, seimbang, kesegaran, cinta alam, obat, pemulihan, kedamaian dan keberuntungan, kebebasan.
Sifat negatif: Kebosanan, stagnasi, lemah, iri hati, kebohongan.

Abu-abu
Abu-abu banyak ditemukan di alam, seperti batu, atau baja. Bisa digambarkan sebagai kestabilan, keseriusan dan dapat diandalkan. Namun sering juga diartikan sebagai warna yang kurang menarik karena membosankan dan tidak menarik perhatian. Agak jarang orang menyukai warna abu-abu karena menurut kebanyakan orang memang kurang enak dipandang.
Sifat positif: Netralitas, stabil, resmi.
Sifat negatif: Kurang percaya diri, kelembaban, depresi, hibernasi dan kekurangan energi.

Violet/Ungu
Ungu merupakan perpaduan merah dan biru. Ungu dapat memberi kesan spiritual yang magis, mistis, misterius dan mampu menarik perhatian. Oleh karena itu ungu banyak digunakan kaum bangsawan. Warna ini juga terkesan sensual, feminim, antik, yang juga anggun dan hangat. Ungu yang gelap dapat memancarkan kekuatan, bisa manambah kekuatan instiusi, fantasi dan imajinasi, kreatif, sensitif, memberi inspirasi dan obsesif.
Sifat positif: Anggun, mewah, spiritual, kehangatan.
Sifat negatif: Sombong, agresif,tertutup.

Orange
Orange adalah perpaduan warna merah dan kuning. Punya karakter yang mirip dengan merah tapi lebih feminim dan bersahabat. Warna yang melambangkan sosialisasi, penuh harapan dan percaya diri, membangkitkan semangat, vitalitas dan kreatifitas. Dapat menimbulkan perasaan positif, senang, gembira dan optimis, penuh energi, bisa mengurangi depresi/perasaan tertekan. Bila berlebihan justru  akan merangsang prilaku hiperaktif.
Sifat positif: Kenyamanan, kehangatan, gembira, menyenangkan, sensualitas, percaya diri.
Sifat negatif: Frustasi, berlebihan, depresi, kekanakan.

Pink
Pink atau merah muda merupakan perpaduan antara warna merah dan putih. Merah muda mewakili bagian feminin dari kehidupan manusia yang menggambarkan kelembutan dan cinta, makanya kalo valentine warna pink bertebaran dimana-mana. Terkadang warna ini selain dianggap romantis juga terasosiasi dengan sifat kekanak-kanakan. Merah muda adalah varian lembut dari warna merah dan sering dimanfaatkan untuk menambahkan kesan feminin. Selain itu warna merah muda atau pink ini dapat pula melambangkan perasaan yang halus, kewanitaan dan kemurnian
Sifat positif: Kelembutan, romantis, feminin, kasih sayang, kreatif, lucu.
Sifat negatif: Lemah, kekanakan, tidak serius.

Hitam
Hitam adalah warna yang kuat dan penuh percaya diri, penuh perlindungan, maskulin, elegan, dramatis, tanpa kompromi (ngga ada hitam muda atau hitam tua), dan misterius. Tapi hitam juga merupakan warna lambang duka dan dapat menimbulkan perasaan tertekan. Tidak banyak yang bisa diartikan dari hitam karena warna ini memang termasuk warna yang misterius dan kurang menarik perhatian. Sering dipakai untuk warna penjahat dalam komik dan film. Tapi merupakan warna yang dapat memberi efek melangsingkan..(cuman ini yang saya paling demen dari item...)
Sifat positif: Kecanggihan, keamanan, efisien, maskulin, elegan.
Sifat negatif:Tertutup, misterius, dingin, berat, ancaman, depresi. (banyak amat negatifnya giliran item...hihii) #suka-suka yang nulis kaleee..weee.   

Putih
Putih merupakan warna kebalikan dari hitam melambangkan kemurnian dan kepolosan, memberikan perlindungan, ketentraman, kenyamanan dan memudahkan refleksi, sama dengan hitam juga merupakan warna yang tanpa kompromi. Namun terlalu banyak warna putih bisa menimbulkan perasaan dingin, steril, kaku dan terisolir.
Sifat positif: BErsih, suci, jelas, murni, sederhana, canggih dan efisien, berpendirian.
Sifat negatif: Dingin, kaku, tertutup.

Cokelat
Coklat merupakan perpaduan merah, kuning dan hitam. Merupakan warna netral yang natural, hangat, membumi dan stabil, menghadirkan kenyamanan, memberi kesan anggun dan elegan. Dapat memberi keyakinan dan rasa aman, warna yang akrab dan menenangkan, bisa mendorong komitmen, namun bisa menjadi berat dan kaku bila terlalu banyak.
Sifat positif: Serius, ramah, handal, cinta alam, stabil.
Sifat negatif: Berat, kaku, tidak canggih, kurang humor.

Perak
Menunjukkan sifat modern, teknologi tinggi, kemilau, kemurnian, kekuatan, keamanan, kestabilan. Sebagai warna logam, silver juga sering dipakai untuk mencerminkan jiwa muda. Juga dipakai untuk melambangkan masa depan. Imajinatif dan menyenangkan. Suka mencoba hal-hal baru, suka menantang diri sendiri dan cepat belajar akan sesuatu. Pribadi yang mudah diajak bicara dan penuh dengan nasihat-nasihat baik. Dalam hubungan persahabatan, tak mudah percaya pada seseorang, namun saat menemukan seseorang yang tepat dalam hidupnya ia akan mempercayai mereka selamanya.
Sifat positif: Elegan, mewah, bersih, menyenangkan, kreatif, teknologi tinggi.
Sifat negatif: Tidak tulus, pengkhayal, sombong.


Emas
Warna yang diambil dari logam mulia ini menunjukkan prestise (kedudukan), kesehatan, keamanan, kegembiraan, kebijakan, arti, tujuan, ilmu pengetahuan, perasaan kagum, konsentrasi, kemewahan tapi juga dapat berarti kesombongan, keserakahan.
Sifat positif: Kesetiaan, elegan, gembira.
Sifat negatif: Sombong, serakah, lupa diri.



Nahh..sekarang tinggal terserah kamu menentukan warna yang akan menjadi tema wedding kamu. Artikel diatas boleh diaplikasikan boleh juga sekedar menambah pengetahuan...(tiba2 wedding day tinggal besok, gara2 baca artikel ini langsung ganti tema warna...hihihi).Tapi kalo basicnya kamu emang suka aja sama satu warna misalnya "ungu" (my favorite color...hehehe) tapi definisi diatas ga cocok buat kamu...ya udah...suka mah suka aja...ini kan hanya definisi warna dari segi yang berbeda saja..gimana?? Siap menentukan warna untuk tema wedding kamu?

No comments:

Post a Comment